Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITA TERBARU

Perkembangan Kasus Pembalakan Sonokeling , Polisi Tetapkan Seorang ASN Jadi Tersangka

58
×

Perkembangan Kasus Pembalakan Sonokeling , Polisi Tetapkan Seorang ASN Jadi Tersangka

Sebarkan artikel ini

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /var/home/ajttvcom/public_html/wp-content/themes/wpmedia/template-parts/content-single.php on line 113
Example 468x60

TULUNGAGUNG , AJTTV.COM – Kasus pembalakan sonokeling terus berkembang. Setelah menetapkan dua orang menjadi Tersangka yakni Ahmad Kirwono warga Desa/Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, dan Agus Mahendra (46), warga Kelurahan Jepun, Kecamatan/Kabupaten Tulungagung, kini Polisi menetapkan lagi satu orang sebagai tersangka berinisial AP.

AP merupakan Aparatur Sipil Negara ( ASN ) yang bekerja di Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional Kediri.

Example 300x600

Alasan Penyidik Polres Tulungagung menetapkan AP sebagai tersangka karena diduga telah menerbitkan surat izin untuk melakukan pemotongan pohon, ranting dan dahan.

Menurut Polisi , Surat izin yang diterbitkan  palsu  lantaran area penebangan di Jalan Raya Sumbergempol masuk jalan Provinsi, bukan Jalan Nasional.

kasat reskrim Polres Tulungagung AKP Hendi Setiadi

” Tersangka melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan  pohon yang akan ditebang .”ungkap Kasat Reskrim Polres Tulungagung, AKP Hendi Septiadi, Sabtu (23/11/2019).

Masih menurut Hendi , Seharusnya dokumen itu hanya bisa dilakukan untuk surat jalan penebangan pohon perdu yang ada kawasan ruang milik jalan nasional.

Sementara pohon-pohon yang ditebang oleh kawanan AP merupakan jalan provinsi, yang artinya kewenangan ada di Dinas PU Binamarga Provinsi Jatim. Bukan berada di bawah kewenangan BBPJN.

” Saat ini AP tengah sakit dan menjalani opname di rumah sakit , sehingga kami belum bisa memanggil untuk dimintai keterangan , nanti kita jadwalkan ulang ,” jelas Kasat Reskrim.

Karena itu tersangka akan dijerat pasal 363 ayat (1) ke 4e dan 5e KUH Pidana Dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 Tahun atau pasal 40 ayat (2) UURI No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya Dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 5 Tahun dan denda paling banyak 100 Juta Rupiah.

Pembalakan Sono Keling

Seperti diketahui , Sebanyak 91 pohon sonokeling di jalur jalan nasional Tulunganggung-Trenggalek dan Tulungagung-Blitar, ditebang tanpa izin. Kejadian ini dilaporkan PPLH Mangkubumi dan JPIK Jawa Timur, setelah memperoleh laporan masyarakat dan melakukan investigasi ke lokasi.

Pohon sonokeling masuk Appendiks II CITES yang pengangkutannya harus dilengkapi dokumen resmi. Industri yang menerima kayu ini juga harus memiliki sejumlah perizinan, diantaranya izin edar.

Dari Laporan itu , Polisi akhirnya  menetapkan dua tersangka AK dan Am dalam kasus dugaan pembalakan kayu sonokeling di ruang milik jalan (rumija) jalan nasional. Kedua tersangka kini menjadi terpidana di Trenggalek.

Reporter : Ahmad Soim
Editor      : C_ sant

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *