Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

LMI Mengikuti Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan di Ketinggian bersama BASARNAS Surabaya

647
×

LMI Mengikuti Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan di Ketinggian bersama BASARNAS Surabaya

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

SURABAYA, AJTTV.COM – Untuk memperkuat kerjasama lintas sektor serta meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam upaya penyelamatan, Badan SAR Nasional (Basarnas) Surabaya mengadakan pembinaan potensi SAR (Search and Rescue) digelar di Poltekbang Surabaya jln. Jemur Andayani No 73, Selasa (30/4/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait dari instansi SAR, relawan, hingga masyarakat umum.

Example 300x600

Baca Juga : Dinkes Tulungagung Fokus Pengasapan dan PSN Cegah DBD

Pembinaan potensi SAR melibatkan berbagai materi, mulai dari teknik pencarian dan penyelamatan, manajemen bencana, hingga taktik komunikasi dan koordinasi tim.

Peserta juga diberikan simulasi langsung dalam situasi-situasi darurat untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan responsibilitas mereka dalam tugas penyelamatan.

Menyadari pentingnya peran masyarakat dalam proses SAR, acara juga menyediakan sesi penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat umum tentang tindakan pertolongan pertama yang tepat serta pentingnya melapor dengan cepat kepada pihak berwenang saat terjadi keadaan darurat.

Brian Gautama, Selaku Koordinator Kegiatan Pelatihan menyampaikan apresiasinya terhadap lembaga kemanusiaan seperti LMI yang melatih para pemuda menjadi relawan bencana sehingga nantinya dapat membantu tim di lapangan.

“Semoga Melalui pelatihan potensi SAR kita dapat wujudkan pelayanan SAR yang quick action, satu jiwa satu rasa”, terangnya.

Salah satu Peserta Komarudin, Mahasiswa MSIB Batch 6 yang mewakili Relawan RNPB Laznas LMI menjelaskan, kegiatan berlangsung dari dari tanggal 30 April – 6 Mei 2024 yang akan datang.

“Para peserta mendapatkan berbagai bekal pengetahuan berupa ilmu dan praktek seputar pencarian dan penyelamatan.”katanya.

Baca Juga : Sosialisasi Pelaksanaan Program Anugerah Patriot Jawi Wetan Tahun 2024 di Tulungagung

Susanto SPV DPB Laznas LMI menjelaskan Acara pembinaan potensi SAR ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperkuat jaringan SAR yang lebih tangguh dan responsif di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

“Dengan meningkatnya kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya tindakan penyelamatan, diharapkan dapat mengurangi dampak dari berbagai kejadian darurat yang mungkin terjadi di masa mendatang.” Pungkasnya.

Reporter : snt

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *