Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Puja Kanda, Dari Tulungagung untuk Nasional

33
×

Puja Kanda, Dari Tulungagung untuk Nasional

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TULUNGAGUNG, AJTTV.COM – Pemerintah Kabupaten Tulungagung melaunching Pusat Pembelajaran Kualitas Kebijakan Daerah (Puja Kanda) di Narita Hotel Kabupaten Tulungagung.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Sabtu (8/6/2024), acara dilaunching oleh Pj. Bupati Tulungagung dihadiri Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI Dr. Tri Widodo juga selaku Narasumber, Ketua DPRD beserta Ketua Komisi DPRD Kabupaten Tulungagung, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Tri Hariadi, M.Si, Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekretaris Daerah Kab. Tulungagung, Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Para tokoh masyarakat, Media, Perguruan Tinggi, serta Stakeholder terkait.

Example 300x600

Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Tulungagung Dra. Imro’atul Mufidah, M.Si dalam laporannya menyampaikan, Puja Kanda merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten Tulungagung untuk selalu menciptakan inovasi-inovasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan akses partisipasi public dalam pengelolaan seluruh kebijakan.

Lebih lanjut disampaikan, Puja Kanda menjadi pioner dalam mengukur sejauh mana kualitas kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah daerah, dalam rangka membangun evidence-based policy atau kebijakan yang berbasis bukti, berbasis pengetahuan, berbasis kepada best practices, dan berbagai teori sehingga akan meningkatkan kualitas kebijakan daerah agar manfaat kebijakan itu dirasakan oleh masyarakat (making delivered).

Menurut laporan Asisten Admisnistrasi Umum, tujuan utama dari Puja Kanda adalah untuk meningkatkan pemahaman aparatur Pemerintah Daerah dalam rangka menyusun kebijakan daerah yang berbasis evidence/bukti, terwujudnya kebijakan daerah yang berkualitas dapat berkontribusi secara positif dalam meningkatkan daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat Tulungagung serta membangun knowledge sharing dan mendorong terbangunnya knowledge to policy untuk peningkatan kualitas kebijakan dalam proses pengelolaan kebijakan selanjutnya, sesuai hasil pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) yang telah dilaksanakan.

Selanjutnya, Pj. Bupati Tulungagung DR. Ir. Heru Suseno, MT dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaannya atas ide terbentuknya Puja Kanda (Pusat Pembelajaran Kualitas Kebijakan Daerah), yang diinisiasi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kebijakan, dan juga mendorong terjadinya advokasi dan rekomendasi kebijakan yang selaras dengan upaya perbaikan kebijakan publik. Sekaligus juga merupakan bentuk komitmen dan kesungguhan Pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan peran stakeholder serta analis kebijakan sehingga mampu mendorong perbaikan kualitas kebijakan yang diterbitkan pemerintah.

“Kehadiran PUJA KANDA diharapkan pemerintah kabupaten Tulungagung dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap pengetahuan, sumber daya, dan praktik-praktik terbaik dalam pengembangan kebijakan yang berkualitas dan berdampak positif bagi masyarakat, sehingga kebijakan daerah dapat meningkatkan daya saing daerah dan kesejahteraan bagi masyarakat Tulungagung” ujar Pj Bupati Heru.

Dengan demikian, kehadiran pusat pembelajaran kualitas kebijakan daerah sangat penting untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut dan meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dalam menghasilkan kebijakan yang berkualitas, efektif, dan berdampak positif bagi masyarakat sehingga tidak hanya bermanfaat bagi Kabupaten Tulungagung namun harapan saya juga bermanfaat secara Regional dan Nasional, sehingga branding “Puja Kanda dari Tulungagung untuk Nasional” bisa terwujud.(Red)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *