Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITA NASIONAL

Hari Pers Nasional, Chairul Tanjung Bicara Tantangan Media Era Digital

210
×

Hari Pers Nasional, Chairul Tanjung Bicara Tantangan Media Era Digital

Sebarkan artikel ini

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /var/home/ajttvcom/public_html/wp-content/themes/wpmedia/template-parts/content-single.php on line 113
Example 468x60

Banjarmasin – Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung menghadiri perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. CT berbicara tentang tantangan industri media yang berubah dan harus diantisipasi.

Dikutip Dari  news.detik.com  Hal itu disampaikan CT dalam acara bertema Konvensi Nasional Media Massa ‘Daya Hidup Media Massa di Era Disrupsi Digital, Tata Kelola Seperti Apa yang Dibutuhkan?’. Acara itu merupakan rangkaian perayaan HPN 2020.

Example 300x600

CT mengatakan perubahan yang terjadi di era sekarang membuat industri media ini menjadi berubah. Perubahan itu, kata dia, harus menjadi perhatian agar bisa diantisipasi sehingga tak hilang ditelan zaman.

“Terlihat bahwa sekarang itu media-media konvensional mulai mengecil pendapatannya, sementara media-media digital itu menjadi lebih besar. Nah, perubahan ini sebuah keniscayaan karena gaya hidup manusia berubah, media digital lebih cepat memberikan informasi, dan yang paling penting banyak hal yang dilakukan oleh media digital bukan hanya sebagai media, tapi hal-hal lain,” kata CT di Hotel Rattan Inn, Jl A Yani, Banjarmasin Selatan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (7/2/2020).

Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengahadiri perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Farih/detikcom)

CT menuturkan persaingan perusahaan media kali ini bukan hanya dengan sesama perusahaan media. Menurutnya, persaingan yang sebenarnya juga terjadi dengan perusahaan yang bukan media namun menguasai informasi dan teknologi.

“Kita tahu perusahaan-perusahaan besar sekarang ini, seperti Amazon, Facebook, Google, pada dasarnya bukan perusahaan media. Tetapi mereka kalau kita lihat Facebook itu perusahaan social media, Google itu searching. Yang terjadi sekarang tiga perusahaan ini sudah mengambil iklan yang jauh lebih besar dari perusahaan-perusahaan media,” katanya.

CT menyebut pendapatan dari ketiga perusahaan itu bisa mencapai USD 4,4 triliun. Menurutnya, jika dikalkulasikan, pendapatan tiga perusahaan tersebut akan menjadi negara keempat terbesar di dunia.

“Nomor satu Amerika, kedua China, ketiga Jepang, setelah itu ya ini. Bukan tidak mungkin mereka akan mengalahkan Jepang, dan nanti akan mengalahkan China dan mengalahkan Amerika,” ucapnya.

 

CT menuturkan 61 persen orang di dunia dalam memasang iklan telah dikuasai oleh tiga perusahaan besar itu. Menurutnya, tiga perusahaan itu menggunakan teknologi dalam strategi pasar mereka.

“Bagaimana teknologi mengubah strategi promosi perusahaan yang lebih direct kepada konsumen,” katanya.

Selain itu, tantangan industri media kali ini juga terdapat pada media-media yang langsung dikelola oleh individu. Misalnya channel YouTube dan podcast.

“Sekarang juga banyak namanya media yang dikelola oleh individu, semua artis punya media sendiri, tiba-tiba dia membuat channel YouTube sendiri, sekarang ada teknologi baru, ada podcast sendiri,” katanya.

“Ini adalah pesaing media yang luar biasa yang membaca mereka, yang menonton mereka itu lebih besar dari media konvensional yang ada, ini adalah kenyataan, ini adalah fakta yang harus kita hadapi,” lanjut dia.

CT mengatakan di era industri media sekarang ini, untuk mempertahankan eksistensinya bukan masalah siapa yang paling kuat atau paling cerdas. Menurutnya, yang akan terus bertahan merupakan perusahaan yang bisa menyesuaikan diri dengan zaman.

“Ke mana kita harus melangkah? Jadi bukan yang paling kuat, bukan paling cerdas yang akan survive. Namun yang akan survive adalah yang bisa menyesuaikan diri. Jadi yang bisa menyesuaikan diri dengan keadaan,” pungkasnya.

Dikutip Dari  news.detik.com

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA NASIONAL

JAKARTA, AJTTV.COM – Saya menilai Pancasila harus kembali…