Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITA NASIONAL

Hari Pers Nasional, Menko PMK Ingatkan Tantangan Lawan Hoaks

111
×

Hari Pers Nasional, Menko PMK Ingatkan Tantangan Lawan Hoaks

Sebarkan artikel ini

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /var/home/ajttvcom/public_html/wp-content/themes/wpmedia/template-parts/content-single.php on line 113
Example 468x60

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan pentingnya peran media massa dalam melawan penyebaran informasi bohong atau hoaks.

Dikutip dari megapolitan.kompas.com Hal itu disampaikan Muhadjir dalam peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada Minggu (9/2/2020). Muhadjir mengatakan, pers memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan arah kebudayaan. Pers bisa membuat budaya semakin maju atau bisa pula sebaliknya. Contoh kemunduran budaya, kata dia, adalah maraknya penyebaran informasi bohong ke khalayak.

Example 300x600
(Menko PMK) Muhadjir Effendy

“Budaya itu (penyebaran informasi bohong) kan lahir dari akal dan pikiran manusia. Ketika diekspresikan dan diadopsi oleh orang lain tidak mentah aja. Itu namanya dialetika yang melahirkan kebudayaan. Tidak ujug-ujug ada,” kata Muhadjir dikutip dari siaran pers, Minggu. Menurut Muhadjir, hoaks seperti itu adalah bentuk dari dialektika budaya yang dicetuskan agen yang tidak bertanggung jawab. Ketika sampai ke khalayak, hal tersebut terus tersebar dan meluas. Oleh karena itu, ia menilai tantangan dan tugas pers saat ini semakin berat.

Itu juga mengingat perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, penyebaran informasi juga semakin cepat. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diikuti juga dengan peningkatan komitmen dan tanggung jawab sosial pekerja media.

“Meningkatkan kepatuhan pekerja media kepada kode etik jurnalistik itu harus menjadi pedoman utama. Dan saya usulkan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) melakukan penertiban terhadap para pekerja pers ini. Termasuk juga untuk organisasi pers yang lainnya untuk memberikan pembinaan kepada anggotanya,” jelasnya. Dengan demikian, diharapkan aktivitas para pekerja media juga bisa dipertanggungjawabkan.

Dikutip dari megapolitan.kompas.com

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA NASIONAL

JAKARTA, AJTTV.COM – Saya menilai Pancasila harus kembali…