Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo Sarasehan Hari Koperasi

506
×

Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo Sarasehan Hari Koperasi

Sebarkan artikel ini
Nyadin Sag ( kiri) memberikan penghargaan kepada Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo
Example 468x60

TULUNGAGUNG, AJTTV.COM – Panitia hari koperasi ke 76 menggelar acara Sarasehan Perkoperasian dengan tema ”Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat” di hall room Lojika hotel, Kamis Malam (10/8/23).

Acara yang dipandu dan dimotori oleh Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) dan bekerja sama dengan dinas koperasi Kabupaten Tulungagung itu di hadiri oleh Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo, Ketua DPRD Marsono, Ketua Dekopinwil Jawa Timur Slamet Sutanto, Ketua Dekopinda Tulungagung Nyadin, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Slamet Sunarto dan seratusan pengurus koperasi di Tulungagung.

Example 300x600

Baca Juga : Pemkab Tulungagung Adakan Tasyakuran Haji

Jumlah koperasi aktif di Tulungagung saat ini adalah 772 dengan keanggotaan mencapai 103 ribu anggota. Dengan mengelola omzet sebesar 1.08 triliun tercatat modal sendiri 320 M dan modal luar 378 M.

“ Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan masyarakat, ” ujar Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo dalam keterangannya.

Bupati juga mengatakan dalam upaya mensejahterakan anggotanya, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta pelayanan sesuai kebutuhan anggota. Disitulah inti dari koperasi dimana anggota sebagai pemilik dan pengguna jasanya.

Koperasi merupakan satu lembaga yang dimiliki oleh masyarakat yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri khususnya bidang usaha kecil.

“Dengan anggota lebih dari seratus ribu, itu bukan angka yang kecil. Kalau mereka mempunyai kesadaran bersama dengan disiplin yang tinggi, maka koperasi bisa maju dan ikut serta membangun Tulungagung ini, ” imbuhnya.

Dalam sarasehan itu, Bupati Tulungagung menerima penghargaan sebagai Pembina Koperasi Andalan Tingkat Nasional dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM menerima penghargaan sebagai Penggerak Koperasi di Tulungagung.

Baca Juga : Perguruan Pencak Silat Cuyusika Bangau Putih Cabang Ponorogo Bongkar Tugu

Sementara itu Ketua Dekopinda Tulungagung, Nyadin MAP mengatakan, sarasehan perkoperasian ini merupakan rangkaian dari hari koperasi ke 76. Pihaknya sengaja menghadirkan 2 nara sumber dari kedua pemangku kebijakan, yakni Bupati dan ketua DPRD Tulungagung dengan maksut dan tujuan agar mereka bisa berdiskusi langsung dengan gerakan koperasi.

“ Tujuannya agar aspirasi, pikiran dan harapan harapan mereka, bisa disampaikan langsung kepada Bupati dan ketua DPRD. Dengan maksud agar bisa ditindaklanjuti aspirasi itu dalam bentuk program progam pemerintah untuk pemberdayaaan dan penguatan koperasi di Tulungagung, ” ujar pria yang juga aktif dikegiatan sosial itu.

Nyadin juga mengatakan, dari 80an orang yang hadir itu adalah dari gerakan koperasi inti. Mereka mewakili 700an koperasi aktif yang ada di Tulungagung agar selalu terjalin sinergitas antara eksekusi dan legislatif dalam upaya menumbuh kembangkan koperasi.

“ Kami akan terus berupaya agar Peran koperasi terus bertambah dalam ikut serta memajukan perekonomian daerah, ” pungkasnya.

Reporter : Anang

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *