Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Dinas Peternakan Dan Keswan Kabupaten Tulungagung Antisipasi penyakit LSD

1349
×

Dinas Peternakan Dan Keswan Kabupaten Tulungagung Antisipasi penyakit LSD

Sebarkan artikel ini
Kadin peternakan dan Keswan Kab. Tulungagung , Mulyanto
Example 468x60

Tulungagung , AJTTV.COM – Lumpy Skin Disease (LSD) atau cacar sapi/kerbau merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang utamanya menyerang hewan sapi. Penyakit ini dicirikan dengan adanya benjolan pada kulit sapi.

Virus penyebab LSD termasuk dalam genus Capripoxvirus yang ditularkan melalui antropoda, terutama serangga penghisap darah (lalat, nyamuk, caplak), pakan dan air yang terkontaminasi, serta penularan langsung melalui saliva, sekresi hidung, dan air mani.

Example 300x600

Menurut Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan’ Hewan Kabupaten Tulungagung Mulyanto, LSD hanya menyerang sapi dan kerbau karena hewan tersebut merupakan spesies yang paling rentan tertular LSD virus (LSDV).

Virus tersebut memiliki reseptor spesifik pada sel dalam tubuh sapi yang menyebabkan virus dapat masuk dan bereplikasi di dalam tubuh.

“Hewan lain kemungkinan tidak memiliki reseptor spesifik yang dibutuhkan oleh virus untuk menginfeksi sel secara efektif. Sapi merupakan host utama dan paling rentan terserang LSD, spesies lain seperti kerbau air dan ruminansia liar. Namun, kambing dan domba dilaporkan resisten terhadap infeksi LSDV,” ucap Mulyanto ditemuai Wartawan ajttv.com dikantornya ,Selasa (20/6/2023).

Menurutnya penyakit ini menyebabkan timbulnya benjolan atau bintik-bintik pada kulit hewan yang tertular diawali dengan bintik-bintik tersebut kecil dan keras, tetapi secara bertahap tumbuh ukurannya dan menjadi lembut serta berisi cairan.

“Kulit di atas bintik-bintik tersebut dapat menjadi merah, membengkak, dan akhirnya mengalami ulserasi, yang kemudian dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder,” kata Mulyanto.

Menurut Mulyanto antisipasi yang sudah dilakukan Disnak adalah secara berkala dan menyeluruh memberikan vaksin Anti LSD (lumpur skin desease).

“Kami telah memberikan vaksin secara gratis pada ternak milik masyarakat dan apabila ditemukan ada indikasi penyakit ini maka segera diobati” pungkasnya.

Penulis : Rahmadi

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *