Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
AJTTV SPORT

Semeru FC Berganti Nama PS Hizbul Wathan Setelah Resmi diakuisisi oleh Pemimpin Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur

42
×

Semeru FC Berganti Nama PS Hizbul Wathan Setelah Resmi diakuisisi oleh Pemimpin Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur

Sebarkan artikel ini

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /var/home/ajttvcom/public_html/wp-content/themes/wpmedia/template-parts/content-single.php on line 113
Example 468x60

AJTTV.COM – Klub promosi Liga 2 2020, Persigo Semeru FC resmi diakuisisi oleh Pemimpin Wilayah (PW) Muhammadiyah Jawa Timur sebelum kompetisi musim ini dimulai. Pembelian itu akhirnya membuat Persigo Semeru akan didaftarkan dengan nama baru ke PT Liga Indonesia Baru, yakni PS Hizbul Wathan. Mereka juga dikabarkan bakal berpindah markas.

Dikutip Dari indosport.com Menurut laporan yang beredar di beberapa media lokal, PS Hizbul Wathan bakal memilih Sidoarjo sebagai markasnya di kompetisi Liga 2 2020 nanti. Proses akuisisi ini nyatanya merupakan salah satu cara bagi PW Muhammadiyah untuk berdakwah lewat sepak bola, dengan menanamkan nilai Islam, kebangsaan dan kemanusiaan.  Namun jauh sebelum pembelian klub Liga 2 ini terjadi, Muhammadiyah sudah memiliki peran yang cukup penting bagi persepakbolaan Indonesia.

Example 300x600
Foto Persigo Semeru Fc

Bahkan mereka bisa disebut sebagai penolong klub-klub tanah air. Jejak Singkat Muhammadiyah di Sepak Bola Indonesia Muhammadiyah nyatanya memiliki andil dalam pembentukan PSSI pada 1930 silam. Seorang tokoh Muhammadiyah Abdul Hamid memegang jabatan penting, yakni Bendahara PSSI. Jejak Muhammadiyah untuk klub Liga Indonesia pun hadir di Jawa Tengah, di mana mereka memiliki hubungan yang erat dengan Persis Solo.

Menurut buku Merawat Sepakbola Indonesia (2019), Muhammadiyah menyediakan ruangan untuk Persis Solo, ketika klub tersebut belum memiliki kantor. Pada Liga Indonesia musim 2000, Muhammadiyah kembali beramal. Mereka menolong Arema Malang yang saat itu mengalami masalah keuangan untuk tampil di babak 8 besar.

Logo Muhammadiyah

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pun memberikan bantuan sehingga Arema Malang bisa ikut serta tampil di babak 8 besar Liga Indonesia 2000. Sekedar informasi tambahan, Arema Malang saat itu gagal menumbus babak semifinal Liga Indonesia 2000 setelah hanya bertengger di peringkat ketiga klasemen Grup B babak 8 besar. Muhammadiyah terus berlaku sebagai penolong klub Liga Indonesia.

Pada Liga 2 2017 lalu, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membantu PSIM Yogyakarta yang mengalami masalah finansial. Dua tahun berselang, Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) kembali beramal dengan membantu PSS Sleman dengan memberikan fasilitas, khususnya fisioterapis berkualitas. Bahkan beberapa pemain Liga 1 dan Timnas Indonesia pernah menjalani terapi di UNISA.

Universitas yang dinaungi Muhammadiyah itu memang dikenal memiliki fasilitas fisioterapis fantastis. Kini Universitas Muhamadiyah Surabaya (UMS) juga mengambil langkah untuk menyuntik dana ke Persebaya dengan nilai yang masih dirahasiakan. Kerja sama itu telah resmi disepakati pada 17 Februari 2020 kemarin.

Dikutip Dari indosport.com

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *