Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITA TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Makam Kyai Alif Ahmad Kasan Guru Spiritual Bung Karno Dan Soeprijadi

74
×

Mengenal Lebih Dekat Makam Kyai Alif Ahmad Kasan Guru Spiritual Bung Karno Dan Soeprijadi

Sebarkan artikel ini

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /var/home/ajttvcom/public_html/wp-content/themes/wpmedia/template-parts/content-single.php on line 113
Example 468x60

Blitar, AJTTV.COM – Kyai Alif Ahmad Kasan yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Bendo ini, menurut cerita adalah guru spiritual dari Ir. Soekarno Sang Proklamator dan Sudancho Suprijadi pejuang PETA Blitar..

Makam Mbah Bendo yang terletak di Kecamatan Kepanjenkidul Kelurahan Bendo ini, tepatnya sekitar 1 Km dari arah barat Makam Bung Karno. Banyak sekali para peziarah baik dari tokoh politisi dalam dan luar Kota maupun para petinggi dari pusat yang berkunjung untuk berzdikir dan berdoa disini.

Example 300x600

Menurut juru kunci Mbah Toyo yang punya nama lengkap Hartoyo Suryo Hadikusumo bahwa Kakeknya punya Karomah dari Alloh SWT yang tidak bisa dinalar oleh akal manusia. “Makanya banyak peziarah datang kesini. Namun semua itu tetap atas ridho-Nya, ” ulasnya.

Menurut Mbah Toyo, sampai awal tahun ini pemerintah Kota Blitar kurang perhatian terhadap Makam Mbah Bendo yang punya nama besar sebagai guru besar dua tokoh kharismatik .Yakni Presiden RI pertama, yang juga Sang Proklamator, Ir.Soekarno dan Soeprijadi, pejuang PETA. ” Selama ini Makam Mbah Bendo ini kita dapatkan bantuan malah dari peziarah yang merasa ingin beramal,” tuturnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tri Iman Prastyono, melalui Kepala bidang Kebudayaan Wahyudi saat dikonfirmasi diruang kerjanya baru – baru ini menjelaskan bahwa Makam Mbah Bendo tahun lalu memang belum masuk situs yang terdaftar, namun untuk tahun 2020 kita masukkan sebagai situs di Kota Blitar. “Jadi saat Hari Jadi kota Blitar tahun ini sudah ada empat tempat ziarah yang kita kunjungi, yaitu, Makam Bung Karno, Makam Pangeranan, Makam Aryo Blitar dan Makam Mbah Bendo,” ungkapnya.

Selain itu, dikatakan juga oleh Jumono,Kepala Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen kidul , bahwa memang benar untuk tahun ini Makam Mbah Bendo masuk dalam prosesi ziarah Kota Blitar. Jadi sudah genap ada tiga Kecamatan tokoh penting yang akan di ziarahi setiap hari jadi kota Blitar.”Tahun ini Alhamdulillah komplit di tiga Kecamatan, untuk Sanawetan ada Makam Bung Karno dan Pangeranan, untuk Kepanjenkidul Makam Mbah Bendo dan Sukorejo ada Makam Aryo Blitar,” jelasnya.

Reporter : Hariyanto
Editor      : Catur santoso

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *