Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITA TERBARU

Pemdes Tulungrejo Karangrejo Perketat Wilayah Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19

51
×

Pemdes Tulungrejo Karangrejo Perketat Wilayah Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19

Sebarkan artikel ini

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /var/home/ajttvcom/public_html/wp-content/themes/wpmedia/template-parts/content-single.php on line 113
Example 468x60

TULUNGAGUNG , AJTTV COMDampak pandemi Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 sudah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, tak terkecuali warga yang tinggal di desa sekalipun.

Sejak awal terjadinya pandemi Covid-19, pemerintah secara berjenjang mulai dari pusat sampai ke pemerintah desa telah melakukan langkah-langkah percepatan penanganan Covid-19.

Example 300x600

Mulai dari langkah pencegahan, penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 sampai pemberian program bantuan sosial langsung tunai untuk masyarakat miskin terdampak Corona.

Semua itu dilakukan untuk membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BNPB yang telah dibentuk oleh pemerintah pusat, tujuan utamanya yaitu untuk percepatan penanganan penularan dan penyebaran virus Covid-19.

Kepala Desa dan jajaran pemerintah desa Tulungrejo kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung membentuk satgas penanganan Covid-19 tingkat desa sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, Gubernur dan Bupati Tulungagung.

Karyono Kepala Desa Tulungrejo menjelaskan , Satgas Covid-19 desa tersebut diketuai oleh Kepala Desa, satgas desa berperan menjalankan tugas untuk membantu percepatan penanganan Covid-19, mulai dari langkah pencegahan, penanganan sesuai protokol kesehatan sampai penyaluran program-program bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten.

” Satgas penanganan Covid-19 melakukan sosialisasi dan edukasi, mengkampanyekan kepada warga masyarakat desa tentang langkah-langkah pencegahan penularan virus Covid-19.” Terang Karyono.

Selain itu, satgas Covid-19 tingkat desa juga melakukan sosialisasi pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat kepada seluruh warga desa.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi harus dilakukan secara masif melalui berbagai media komunikasi yang ada, serta dengan memberdayakan seluruh SDM yang dimiliki pemerintah desa, tentu dengan tetap menjalankan fungsi pelayanan desa yang biasa dilakukan setiap harinya.

Selain sosialisasi dan edukasi, pemerintah desa Tulungrejo dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19 melakukan penyemprotan disinfektan pada titik-titik strategis yang sering digunakan oleh banyak warga, seperti fasilitas umum misalnya masjid atau mushola .

Selain itu, Kepala Desa sudah tanggap terhadap setiap kebutuhan yang diperlukan oleh satgas covid-19 tingkat desa, seperti Thermometer Gun, APD (Alat Perlindungan Diri) dan alat-alat kesehatan lainnya yang dibutuhkan oleh satgas desa .

Terkait ODP para perantau yang mudik dari kota pusat episentrum atau pusat penyebaran Covid-19,pemerintah desa Tulungrejo mengambil langkah dengan membentuk posko penanganan pemudik, setiap pemudik yang datang dicek suhu badannya menggunakan thermometer gun.

Karyono menegaskan , pemdes Tulungrejo juga telah menyediakan tempat khusus menggunakan fasilitas umum untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan karantina mandiri bagi pemudik
” Merebaknya Virus Corona (Covid-19) maka segala upaya perlu dilakukan untuk melawan wabah pandemi ini. Seluruh lapisan masyarakat, termasuk perangkat desa maupun pendamping desa harus turun tangan untuk memutus mata rantai virus yang telah makan korban jiwa ini.” Harapnya

Reporter : Murdiono
Editor      : C sant

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *