Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Trenggalek

808
×

Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Trenggalek

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TRENGGALEK, AJTTV.COM – Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan Bencana banjir bandang dan tanah longsor disejumlah wilayah di tujuh kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sejak Kamis (18/4) hingga Jumat (19/4) dini hari.

Akibat cuaca ekstrem itu menyebabkan banyak kerusakan, mulai dari hunian warga, fasilitas umum, infrastruktur hingga sawah ladang warga.

Example 300x600

Baca Juga : Bos Perusahaan di Surabaya Ditahan Polda Jatim, Tipu Rekanan Bisnis Rp 11,2 Miliar

Kepala BPBD Trenggalek, Triadi Atmono mengatakan hingga Jumat pagi tercatat ada delapan rumah dan satu masjid yang mengalami rusak parah. Beberapa rumah yang berada di tepi sungai pesisir selatan Munjungan, Trenggalek bahkan dilaporkan hanyut terbawa arus banjir.

“Untuk taksir kerugian masih kami lakukan pendataan. Namun sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa,” kata Triadi Atmono, Jumat (19/4/2024).

Awal kejadian, hujan dengan intensitas tinggi terjadi sejak sore pukul 17.00 wib hingga tengah malam pada Kamis 18 April 2024.

Akibatnya pada pukul 18.30 WIB, area persawahan, jalan hingga permukiman warga di Dusun Bungur-Karangturi Desa/Kecamatan Munjungan terdampak banjir dengan ketinggian sekitar 50 centimeter.

Banjir juga dilaporkan terjadi di Desa Tawing dan Desa Masaran Kecamatan Munjungan serta Desa Munjungan.

Baca Juga : Sebanyak 304 PPPK Terima Petikan SK Dari Pj Bupati Tulungagung

Di Desa Munjungan banjir berdampak paling parah. Sebanyak empat rumah di Dusun Bungur Desa Munjungan terdampak kerusakan akibat luapan Sungai Bungur.

Sebagian sisi dari empat rumah warga di RT 27/RW 07 Dusun Bungur yaitu rumah Kodirun, Zainudin, Miran dan Tasrip rusak akibat hanyut terdampak luapan air sungai.

“Selain itu, sebuah masjid di daerah setempat juga terdampak kerusakan akibat luapan sungai itu,” ujar Triadi.

Selain di wilayah Munjungan, pada pukul 21.30 WIB banjir dengan ketinggian 60-80 centimeter terjadi di RT 18,19,20,21 dan 23 Dusun Ngares Kecamatan Trenggalek. Banjir akibat sungai yang meluap hingga memasuki permukiman warga.

Banjir juga terjadi di RT 03/RW 01 Dusun Tirto Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo. Selain banjir, longsor juga menerjang empat rumah warga di Kecamatan Bendungan sekitar pukul 22.30 WIB.

Baca Juga : Insan Pers Perjuangkan Haknya di Jalur Politik

Rumah Said di RT 07/RW 03 Desa Dompyong mengalami kerusakan terdampak tanah longsor itu. Kerusakan juga terjadi di rumah Sarjuni, Nurudin dan Nurwanto, warga RT 29/RT 09 Dusun Kacangan Desa Sumurup.

Tiga rumah di lokasi yang sama mengalami kerusakan pada bagian dapur. Selain itu tanah longsor juga menutup total badan jalan di utara pasar Dompyong Jalan Trenggalek – Bendungan KM 14 Desa Dompyong Kecamatan Bendungan. Jalan tidak bisa dilewati.

Reporter :@ayu

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *