Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

BRida Tulungagung Mengubah Tata Kelola Penelitian dan Pengembangan

786
×

BRida Tulungagung Mengubah Tata Kelola Penelitian dan Pengembangan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TULUNGAGUNG , AJTTV.COM – Peraturan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nomor 5 Tahun 2023 tentang Tata Kelola Riset dan Inovasi di Daerah sudah terbit.

Peraturan tersebut merupakan pedoman bagi penyelenggaraan riset dan inovasi di daerah yang mencakup ruang lingkup kewenangan dan tanggung jawab Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

Example 300x600

Di Kabupaten Tulungagung sudah dua bulan Badan Riset Dan Inovasi Daerah berdiri.

BRIDA mempunyai fungsi strategis sehingga perlu dipisahkan dari Bappeda.Hal itu disampaikan Kepala Brida Kabupaten Tulungagung Adi Prasetyo.

Menurutnya selama ini fungsi Penelitian Dan Pengembangan ada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda ).Dengan adanya lembaga ini maka fungsi Litbang sekarang melekat pada Brida.

“Saat ini kami melakukan kajian – kajian yang Sudan dilaksanakan dan juga menginventarisir kajian itu baik OPD maupun di masyarakat” terang Adi kepada ajttv.com, Senin (19/6/2023).

Selanjutnya Kata Adi , Brida akan merekomendasi apakah kajian tersebut perlu ditindak lanjuti atau tidak.

Adi Prasetyo menambahkan Pentingnya kehadiran institusi pengelola riset dan inovasi semakin disadari seiring dengan kebutuhan Pemerintah dan pemda untuk menuntaskan problematika, kesenjangan pembangunan, dan mencari solusi permasalahan pemerintahan di daerah.

Hal ini dapat dimaknai bahwa BRIDA tidak hanya bertransformasi menjadi pengelola fungsi penunjang bidang penelitian dan pengembangan seperti sebelumnya (business as usual), tetapi kehadirannya dituntut mampu mengubah tata kelola penelitian dan pengembangan secara fundamental dan meningkatkan keterhubungannya dengan sistem inovasi dan daya saing global.

“BRIDA dituntut bersinergi dan berkolaborasi agar mampu mengorkestrasi penelitian,
pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi di daerah.”Pungkasnya.

Penulis : Rahmadi

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *