Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Adakan workshop Layanan Penderita HIV/ AIDS

101
×

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Adakan workshop Layanan Penderita HIV/ AIDS

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

 

TULUNGAGUNG, AJTTV.COM – Untuk meningkatkan Kapasitas layanan terhadap penderita HIV/ AIDS, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung mengadakan workshop kepada Tenaga Kesehatan, Dokter dan Faskes di Kabupaten Tulungagung.

Example 300x600

Kegiatan berlangsung di ruang rapat Hotel crown Victoria pada Kamis (22/6/2023) diikui 23 peserta layanan Kesehatan.

Workshop dilaksanakan bekerjasama dengan Yayasan Kasih Suwitno yang merupakan Proyek Receptiannya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk melaksanakan pemetaan dan pencegahan HIV di Kabupaten Tulungagung

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung melalui Kepala Bidang P2 Dinas Kesehatan Didik Eka Sunarja Putra, menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan peningkatan kapasitas tugas untuk layanan kesehatan yang dikemas dalam bentuk workshop.

“ Untuk hari ini pesertanya ada 23 layanan kesehatan dan nantinya akan dilaksanakan secara bertahap karena jumlah faskes di Kabupaten Tulungagung ada 44 layanan Kesehatan,“ katanya.

Materi yang disampaikan dalam workshop kali ini adalah Ilmu tentang penanganan HIV dan semua prosedur serta peraturan yang harus dipatuhi selama menjalankan tugas.

Contohnya, seperti stigma negatif untuk para penderita HIV / AIDS (ODHA) oleh masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana penularan HIV.

Lebih penting lagi faskes harus menguasai standar pelayanan bila di faskes nya terdapat warga yang memeriksakan diri ke faskes nya ternyata positif HIV, seperti apa sistem,mekanisme dan Prosedur yang harus dan wajib dilakukan.

Termasuk masyarakat perlu mengetahui bahwa pengobatan HIV tidak mengeluarkan biaya atau gratis.

“ Yang paling penting adalah memberikan informasi secara detail tentang bagaimana penularan HIV dan HIV itu tidak dapat menular melalui apa saja ?, “ kata Didik Eka.

Harapan dari adanya workshop ini adalah penanganan HIV /AIDS di Kabupaten Tulungagung dapat terstruktur dengan baik dan stigma negatif di masyarakat menjadi hilang sebab HIV dapat diobati dengan ARV.

Penulis : Heru susanto

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *