Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Pastikan PPDB Online Berjalan Lancar

976
×

Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Pastikan PPDB Online Berjalan Lancar

Sebarkan artikel ini
Saifudin Juhri Sekdin pendidikan kabupaten Tulungagung
Example 468x60

Tulungagung, AJTTV.COM – PPDB adalah Penerimaan Peserta Didik Baru yang dilaksanakan secara online mulai tanggal 12 hingga 19 Juni 2023 kemarin.

PPDB online sendiri mulai diberlakukan sejak tahun 2016.

Example 300x600

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Saifudin Juhri saat ditemui wartawan ajttv.com dikantornya ,Kamis (22/6/2023).

Dijelaskan Bagi Dinas Pendidikan dan Sekolah PPDB online bertujuan agar lebih Efisiensi dalam pembiayaan dan mengurangi resiko terjadinya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Selain itu bisa Meningkatkan reputasi sekolah , Memberikan akses yang luas kepada masyarakat,
Tersedianya sebuah basis data terintegrasi bagi pihak Dinas Pendidikan maupun Sekolah dalam penyelenggaran penerimaan peserta didik baru.

“Bagi Siswa dan Orang Tua Siswa dapat Mempermudah untuk melakukan pendafaran siswa baru” terang Saifudin.

Selain itu PPDB secara online akan Mempermudah akses informasi penerimaan siswa baru serta Pendaftaran menjadi lebih tertib dan mudah dipantau.

Saifudin menjelaskan Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru 2023 di jenjang SMP ada empat jalur yang bisa dimanfaatkan para siswa yaitu afirmasi, geonasi, perpindahan orang tua dan prestasi.

PPDB online merupakan sistem layanan yang dirancang untuk memfasilitasi otomasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru yang berbasis waktu nyata (real time) melalui Internet. Layanan PPDB online ini mencakup proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi.

“Permasalahan PPDB online kendalanya ketika operator atau pendaftar yang kurang menguasai IT sehingga menjadi sebuah problem. Ada yang bisa secara cepat ada yang harus dengan prosedur tertentu karena system” imbuhnya.

Saifudin memastikan PPDB kali ini berjalan lancar dan tidak ada kendala seperti tahun sebelumnya yang sempat terjadi server down pada system komputer karena bandwidth terbatas.

“Alhamdulilah tahun ini sudah dapat diatasi dan berjalan lancar.” Terang Saifudin.

Dinas pendidikan saat ini sedang mengukur penguasaan IT anak- anak lulusan SD .Jika nantinya telah menguasai IT maka username dan password bisa diunduh sendiri tanpa harus ke dinas

Ditempat terpisah Heni Hendarto Kepala sekolah SMPN 3 Tulungagung menyampaikan PPDB hingga hari ini tidak ada masalah.

“Tidak ada zero masalah seperti anak minta sekolah A sedangkan orang tua ingin sekolah B, yang dekat ingin jauh dan yang jauh ingin dekat” Ungkap dia.

Ditambahkannya, kedepan jika sistem penerimaan siswa baru sudah memakai sistem Zonasi 100 persen, orangtua dapat mendaftarkan anak dari kamar termasuk untuk mendapatkan password.

Penulis : Rahmadi

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *