Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Mangga Mahatir Ada Di Taman Sor Mlinjo Tulungagung

1324
×

Mangga Mahatir Ada Di Taman Sor Mlinjo Tulungagung

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TULUNGAGUNG , AJTTV.COM – Mangga Mahatir adalah varietas mangga unggulan asal Kinabalu, Malaysia.Mangga ini punya ukuran yang luar biasa besar. Tidak hanya buahnya, pohonnya pun memiliki ciri fisik yang sedikit berbeda dengan pohon mangga.

Meski berasal dari Malaysia , namun mangga jumbo ini sudah bisa dijumpai di Tulungagung salah satunya di Taman Sor Mlinjo yang berada di Dusun Patik Reco, Desa Jati Mulyo, Kecamatan Kauman.

Example 300x600

Baca Juga : Dua Petinggi Lembaga Survei Diperiksa KPK

Supatmi Pengelola Taman Sor Mlinjo mengaku Cara menanam dan merawat pohon mangga ini tidak sulit. Nampaknya Tidak jauh berbeda dengan penanaman dan perawatan jenis-jenis mangga lainnya.

“Pohon ini dapat ditanam di lahan perkarangan rumah atau di dalam pot” terangnya, Selasa (27/6/2023).

Menurut wanita paruh baya ini , Ukuran buah sangat besar, bobotnya antara 1,7 – 3 kg per buah. Bentuk buah sangat khas, dengan ujung menyerupai bentuk paruh burung dan bentuk ini nyaris seragam pada setiap buah.

Baca Juga : Pemkab Tulungagung Adakan Gerakan Pangan Murah

“Kulit buah berwarna hijau tua ketika masih muda dan berubah menjadi hijau muda kekuningan saat buah sudah matang fisiologis dan siap dikonsumsi. Daging buahnya berwarna kuning dengan sedikit jingga di bagian dalam dekat biji.” Terang dia.

Hal sama disampaikan Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo saat mampir di Taman Sor Mlinjo yang merupakan tempat angkringan dan prasmanan ini.

Dirinya mengaku kaget saat melihat buah mangga yang ukuranya cukup besar.

Menurut Maryoto , Daging dari mangga ini sangat tebal dan lembut, seratnya sangat halus sehingga ketika dimakan tidak akan meninggalkan rangkaian serat di gigi setelah mengunyah daging buah.

“Rasa manisnya khas, tidak menyengat seperti mangga-mangga jenis namdokmai atau khiosawoli ketika masak sempurna. Sensasi rasa masamnya tipis sekali,” Ungkapnya.

Baca Juga : Pesan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Kepada Camat

Menurut Maryoto Hasil irisan dari satu buah mangga mahathir dapat memenuhi 3 buah piring makan, cukup untuk dikonsumsi 4 – 5 orang sekaligus.

Maryoto bhirowo berharap agar generasi muda terus berkarya dan menghasilkan hal positif salah satunya dengan menaman pohon manggga Mahatir.

Penulis : Sunarji kisun

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *