Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Miskonsepsi Disingkirkan , Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Buat Terobosan

664
×

Miskonsepsi Disingkirkan , Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Buat Terobosan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TULUNGAGUNG , AJTTV.COM – Miskonsepsi pembelajaran pendidikan anak usia dini atau PAUD masih jamak terjadi. Salah satunya kesalahpahaman dalam menganggap kemampuan baca, tulis, hitung atau calistung sebagai satu-satunya bukti keberhasilan belajar.

Miskonsepsi ini harus disingkirkan demi mewujudkan transisi PAUD ke sekolah dasar yang menyenangkan.

Example 300x600

Baca Juga : Lima Desa di Kecamatan Tanggunggunung Tulungagung Dapat Bantuan Air Bersih

Karena itu salah satu langkah dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Jawa Timur yaitu melakukan sebuah terobosan dengan revolusi pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung Saifudin Juhri dihubungi ajttv.com mengatakan , pihaknya secara masif melakukan pembinaan , pendampingan serta supervisi terkait program transisi PAUD ke SD.

“Selain itu Program parenting dilakukan secara berkesinambungan.” Kata Saifudin Juhri , Kamis (3/8/2023).

Dijelaskan Saifudin , parenting atau pengasuhan merupakan salah satu kegiatan yang harus dilaksanakan dalam Lembaga PAUD. Program parenting PAUD berbasis keluarga adalah salah satu upaya keselarasan dan keberlanjutan pendidikan yang di lakukan di rumah.

Baca Juga : 20 Atlet Asal Tulungagung Bertanding Dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional

“Kita berharap bersama kurikulum merdeka transisi PAUD ke SD bisa cepat merubah mindset masyarakat” Imbuhnya.

Menurutnya Kurikulum Merdeka tingkat PAUD sering disebut dengan Merdeka Bermain karena proses pembelajarannya yang bertujuan agar anak memiliki persepsi bahwa belajar itu menyenangkan, bukan memberatkan.

“Dalam konteks Pendidikan anak usia dini, Merdeka Belajar itu adalah Merdeka Bermain. Karena bermain adalah belajar.” Jelas Saifudin.

Dalam rangka mendukung program pemerintah tersebut , Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung juga telah menggelar sosialisasi dan komitmen bersama transisi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menyenangkan.

Dinas Pendidikan juga menginstruksikan Bunda PAUD kecamatan untuk turun ke PAUD di wilayah masing-masing, untuk memberi motivasi anak-anak PAUD, dan menyampaikan hasil materi dalam acara sosialisasi yang telah dilakukan kepada guru-guru PAUD.

Reporter : Anang

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *