Akses Jalan Desa Wonorejo Terancam Terputus Jika Longsor Kembali Terjadi

TULUNGAGUNG , AJTTV.COM – Longsor yang terjadi di Desa wonorejo Kecamatan pagerwojo Kabupaten Tulungagung pada Senin (2/3/2020) berpotensi memutus akses jalan desa setempat.

Warasanto , salah satu ketua RT yang datang ke lokasi mengatakan, longsor yang terjadi pada Senin malam tersebut memang mengancam terputusnya akses jalan. Apalagi, longsoran yang terjadi meliputi lahan sepanjang kurang lebih 15 meter dan tinggi sekitar 5 meter.

Tanah yang longsor sedalam 5 meter.

Material yang runtuh membuat sebagian bahu jalan mengalami longsor ke bawah. Kondisi ini bisa saja disusul dengan longsoran lagi, jika hujan deras kembali datang.

“Kami sudah mendata dan mencoba memberikan masukan ke pemerintah desa pada Pagi hari setelah terjadi longsor ,” katanya.

Menurut Warasanto , longsor yang terjadi di Rt 05 rw 05 Dusun boro Desa wonorejo Kecamatan pagerwojo ini sudah yang ketiga kalinya terjadi.

Jalan tersebut sangat vital karena merupakan Jalan desa yang menghubungkan balai desa wonorejo dan dusun suruh.
” Kita kawatir kalau tidak segera dilakukan perbaikan akan terjadi longsor kembali dan bisa jadi memutus akses jalan ” harapnya.

Sebagian bahu jalan sudah ambles, terancam akses jalan terputus.

Seperti diketahui Kabupaten Tulungagung teryata masih memiliki rawan longsor untuk area pegunungan.

Bahkan BPBD Tulungagung telah menetapkan status kedua kecamatan Pagerwojo dan Sendang tersebut sebagai daerah rawan bencana, khususnya kecamatan Pagerwojo karena telah terjadi beberapa kali longsor yang menyebar di beberapa desa dan untungnya tidak ada korban jiwa dari beberapa kali longsor tersebut.

Hanya saja akibat dari peristiwa tersebut terdapat beberapa rumah warga yang terkena dampaknya seperti bagian dinding yang roboh karena terkena longsoran tanah. Ini disebabkan karena pemukiman tersebut memang berada tepat dibawah tebing yang rawan longsor.

Reporter : Galang Rambu
Editor : C – sant

Leave a Comment