Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BERITA NASIONAL

Pemerintah Kembali Umumkan Pasien Positif Covid -19 Menjadi 172

169
×

Pemerintah Kembali Umumkan Pasien Positif Covid -19 Menjadi 172

Sebarkan artikel ini

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /var/home/ajttvcom/public_html/wp-content/themes/wpmedia/template-parts/content-single.php on line 113
Example 468x60

JAKARTA , AJTTV.COM – Pemerintah mengumumkan kembali pasien positif Covid-19, Selasa (17/3/2020), bertambah 38 kasus dari 134 menjadi 172.

Dilansir dari akun Twitter @KawalCOVID19, penambahan paling banyak di Jakarta

Example 300x600

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan jumlah ini bertambah 38 orang dari pengumuman terakhir yang dilakukan pada Senin (16/3/2020) sore.

“Total ada 172 kasus, kasus meninggal tetap lima orang,” ujar Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Selasa sore.

Yuri mengatakan, jumlah kasus positif per Senin, 16 Maret 2020 ada 134 orang. Namun, berdasarkan data tambahan, ternyata per Minggu (15/3/2020) bertambah lagi sebanyak 12 kasus hingga menjadi 146 orang. Namun, data tambahan tersebut baru diketahui Yurianto sehari setelahnya.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan kasus Corona, Achmad Yurianto – foto diambil dari layar kaca televisi nasional)

Data yang dimaksud yakni dari Balitbang Kementerian Kesehatan sebanyak 20 spesimen positif dan ditambah 6 spesimen di Universitas Airlangga dinyatakan positif.

“Tadi malam sudah saya cek lagi ada penambahan kasus di data sore sampai dengan malam hari sebanyak 12 kasus, sehingga sampai dengan tanggal 15 menjadi 146 kasus.

“Kemudian tanggal 15 kita sudah himpun datanya dari pagi sampai dengan malam ada penambahan kasus baru lagi sebanyak 20 orang dari pemeriksaan spesimen yang dilaksanakan Badan Litbang Kesehatan dan ditambah lagi 6 orang dari spesimen yang diperiksa oleh Universitas Airlangga, sehingga total saat ini 172 kasus di mana kasus meninggal tetap 5,” katanya.

Yurianto menambahkan, kasus terbaru kebanyakan berasal dari empat provinsi. Provinsi teratas adalah DKI Jakarta, kemudian diikuti Jawa Timur, ketiga adalah Jawa Tengah dan keempat adalah Kepulauan Riau. Saat ini, kata Yuri, kondisi para pasien dalam kondisi membaik.

Ilustrasi] Pasien positif Corona Covid-19 di Indonesia. (Ajttv.com / galang)

Akan tetapi, dia tidak menyebutkan jumlah pasien secara spesifik di setiap provinsi.

“Terbanyak berasal Provinsi DKI Jakarta, kemudian Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau,” ucapnya.

Adapun secara umum, 38 orang yang baru saja dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 itu sudah membaik.

Sejauh ini, Yuri juga menyebutkan bahwa ada sembilan pasien yang sudah dinyatakan sembuh dan sudah bisa pulang.

Masih ada beberapa pasien lagi yang dalam pemeriksaan pertama pada kemarin dan hari ini yang dinyatakan negatif.

Namun, mereka harus menunggu pemeriksaan lanjutan untuk dapat memastikan tidak ada lagi virus corona di dalam tubuhnya.

“Kita menunggu interval dua hari lagi untuk pemeriksaan apakah negatif juga, maka sudah bisa dipulangkan,” tutur dia.

Adapun penyebaran virus corona di Indonesia mulai diketahui masyarakat setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua orang pasien yang positif mengidap Covid-19 pada 2 Mei 2020.

Menurut Jokowi, pasien kasus 01 diduga tertular virus corona dari warga negara Jepang yang sedang berada di Jakarta. Kontak dekat keduanya diduga terjadi pada 14 Februari 2020.

Sekarang, pasien kasus 01 sudah dipulangkan bersama pasien kasus 02 yang merupakan ibunya, dan kasus 03 yang merupakan kerabat pasien 01 dan 02. ( Red )

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *