Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Gunungan Limo Simbol Perayaan Gerebek Pancasila di Blitar

120
×

Gunungan Limo Simbol Perayaan Gerebek Pancasila di Blitar

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KOTA BLITAR, AJTTV.COM – Walikota Blitar Santoso memimpin apel besar peringatan hari lahir Pancasila di Aloon-aloon Kota Blitar, Sabtu (1/6/2024).

Apel diikuti ASN perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, organisasi masyarakat, lintas agama, sekte budayawan dan para tamu undangan lainnya juga hadir mengikuti apel.

Example 300x600

Pada apel ini para peserta memakai pakaian adat daerah Nusantara. Gunungan Lima yang terhiasi hasil bumi juga disiapkan pada apel ini dan dikirab ke Makam Bung Karno.

Baca Juga : Pelanggaran dan Kecelakaan Turun, Satlantas Polres Trenggalek Terima Penghargaan

Walikota Blitar Santoso menyampaikan, 1 Juni menjadi penanda sejarah besar bagi bangsa Indonesia. Pada tanggal dan bulan ini 79 tahun yang lalu, presiden pertama Republik Indonesia Ir. Sukarno mencetuskan cikal bakal Pancasila di forum rapat Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dasar negara itu lantas difinalisasi melalui forum Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) ditambah embrio Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Baca Juga : Ungkap Kasus Narkoba, Kapolres Tulungagung dapat Penghargaan

Menengok tema besar hari lahir Pancasila tahun ini yang mengangkat ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’, sangat relevan dengan momentum akan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang membutuhkan pengamalan nilai-nilai Pancasila terhadap persatuan dan kerukunan sosial.

“Mari kita jaga persatuan, kita kokohkan kerukunan dan kegotongroyongan sebagai sesama bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar berlandaskan Pancasila,” ungkap Santoso.

Usai upacara Ratusan warga berebut gunungan limo saat gerebek Pancasila di halaman Makam Bung Karno, Kota Blitar. Gunungan limo yang berisikan hasil bumi itu sebelumnya diarak dari Alun-alun Kota Blitar.

Baca Juga : Ketua DPRD Tulungagung : Semua sila di Pancasila harus diamalkan, Tidak hanya dihafal.

Gunungan limo termasuk simbol perayaan dalam gerebek Pancasila yang selalu ada setiap peringkatan Hari Lahir Pancasila. Sementara gerebek Pancasila merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Pemkot Blitar.

Rombongan gunungan limo merupakan perwakilan masing-masing Kelurahan/Kecamatan di Kota Blitar. Mereka menyiapkan hasil bumi, berupa sayur dan buah -buahan yang dibentuk layaknya gunung.

Reporter : Ndik

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *