Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
KABAR DAERAH

Pastikan Kesehatan Bayi, Dinkes Tulungagung “Gembleng” Kader Posyandu

57
×

Pastikan Kesehatan Bayi, Dinkes Tulungagung “Gembleng” Kader Posyandu

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TULUNGAGUNG, AJTTV COM – Manfaat imunisasi untuk bayi yang utama adalah mencegah penularan penyakit infeksi menular berbahaya.

Ada banyak manfaat imunisasi untuk si Kecil yang ikut berdampak baik juga pada orang-orang terdekatnya, termasuk Bunda dan Ayah.

Example 300x600

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung melalui Kepala Puskesmas Dono Kecamatan Sendang Heri Susanto saat acara Penyuluhan kepada Kader Posyandu Se Kecamatan Sendang, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga : Darah Seni Dari sang Ayah, Siswa SMP di Tulungagung Jadi Dalang Idola

Menurutnya Imunisasi adalah sebuah proses untuk membangun dan meningkatkan kekebalan tubuh bayi terhadap suatu penyakit dengan memasukkan bibit bakteri atau virus penyebab penyakit tersebut yang sudah dilemahkan atau dimatikan ke dalam tubuh melalui vaksin.

Manfaat lain imunisasi untuk bayi, terang Heri Susanto, untuk Menekan Angka Kematian Bayi.

“Imunisasi juga efektif dan penting untuk melindung anak-anak dari risiko gejala berat, kecacatan, atau bahkan kematian yang diakibatkan penyakit infeksi menular.” Katanya.

Manfaat imunisasi untuk bayi juga dapat dirasakan oleh anak-anak dan orang lain di sekitarnya. Ketika ada banyak bayi yang sudah diimunisasi dan memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu, maka penyakit itu tidak akan dengan mudah menyebar. Efek ini disebut dengan kekebalan kelompok.

“Kekebalan kelompok bisa tercapai ketika semakin banyak orang di dalam masyarakat sudah divaksinasi. Jadi, semakin banyak bayi yang diimunisasi, efek perlindungannya akan semakin luas di masyarakat.” Imbuh Heri.

Jadi, manfaat imunisasi untuk bayi tidak hanya melindungi dirinya sendiri, tapi juga keselamatan dan kesehatan anak-anak lain yang ada di lingkungan sekitarnya.

Heri Susanto mengimbau kepada seluruh orang tua untuk membawa anaknya ke posyandu atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan imunisasi lengkap sesuai dengan jadwal yang dianjurkan.

“Imunisasi adalah hak anak dan tanggung jawab orang tua untuk memberikan imunisasi lengkap kepada anak-anaknya,” pungkasnya

Baca Juga : Polres Trenggalek Berduka, Satu Anggota Meninggal dunia

Kegiatan tersebut diikuti 28 Kader Posyandu dari Desa Talang, Dono, Nglutung, Tugu dan Picisan.

Sementara Pemberi Materi terdiri dari Siti isnawati, Amd.Kep.,(tentang Imunisasi), Yunita, Amd.Kep., Yuyun Damayanti,S.Kep.Ners., Andri Kumala, Amd. Kep.

Reporter : Anang

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *