Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
LAPORAN KHUSUS

Kuatkan Nilai Moderasi Beragama ,  Dema IAIN Tulungagung ikuti Pendidikan Instuktur Nasional

101
×

Kuatkan Nilai Moderasi Beragama ,  Dema IAIN Tulungagung ikuti Pendidikan Instuktur Nasional

Sebarkan artikel ini

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /var/home/ajttvcom/public_html/wp-content/themes/wpmedia/template-parts/content-single.php on line 113
Example 468x60

TULUNGAGUNG , AJTTV.COM – 100 mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTIK) disiapkan sebagai intrukstur moderasi beragama

Rohmad Basori Kasubdit Sarana dan Prasana Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kemenag RI mengatakan , melalui progam PIN MB 2019 ini  mendidik calon instruktur di masa mendatang untuk siap menyikapi keadaan yang berkembang saat ini.

Example 300x600

Program ini merupakan program dari Kementrian Agama Republik Indonesia yang mempuyai tujuan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan bagi mahasiswa dalam menyikapi permasalahan moderasi beragama.

Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan mendiseminasikan spirit moderasi beragama melalui institusi pendidikan tinggi.

Kegiatan  berlangsung 4 hari dari Tanggal  27-30 Desember 2019 yang dibuka di Jakarta sementara Diklat dilaksanakan di Bogor  terbagi menjadi 12 sesi diantaranya  Kebijakan Kemenag RI tentang Implementasi Moderasi Beragama, Peta Konsep Pengarusutamaan Moderasi Beragama, Pemetaan Beragama di Indonesia, Resolusi Konflik Sosial Beragama, Beragama di Era 4.0, Analisis Sosial Moderasi Beragama, Konsep Moderasi Berbangsa dan Bernegara.

Kegiatan Pendidikan Instruksi Nasional

“Kementerian Agama sering menjadi objek kritikan atas kebijakan moderasi ini. Kami memerlukan energi tambahan untuk menjelaskan ke tengah-tengah masyarakat,” Jelas  Rohmad.

Lebih lanjut, kegiatan pendidikan ini menghadirkan instruktur kebangsaan pusat seperti Khamami Zada, Ahmad Rozaki, Rumadi, Marzuki, Aceng Abdul Aziz, Mahrus, A Suaedy dan lainnya. Materi yang disampaikan tekait keislaman, keindonesiaan dan kebangsaan.

Rencana tindak lanjut dari progam tersebut , membuat gerakan yang proaktif menyiarkan moderasi beragama baik langsung maupun melalui sosial media dalam bentuk konten tulisan ataupun vidio .

Sementara itu Ketua Dema IAIN Tulungagung Doni , mengapresiasi PIN MB 2019 yang mengambil tema Islam, Pancasila dan Kebangsaan , Study Lapangan Muhammadiyah dan Study Lapangan PB NU yang di laksanakan oleh Kemenag RI.

” Kegiatan ini sangat  bermanfaat ,  menambah wawasan terbaru, relasi teman dan tentu pengalaman baru”, ujar Doni.

Reporter  : EN

Editor       : C – Sant

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *