Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
SOROTTravel

Dampak Dibangunya Jalur Lintas Selatan Bagi Pantai Gemah Tulungagung

1440
×

Dampak Dibangunya Jalur Lintas Selatan Bagi Pantai Gemah Tulungagung

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TULUNGAGUNG , AJTTV.COM – Pantai Gemah merupakan obyek wisata yang berada di wilayah Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung ,Jawa Timur.

Pantai Gemah cukup istimewa karena berada tepat di Jalur Lintas Selatan sehingga akses menuju pantai ini cukup mudah.

Example 300x600

Mudahnya akses yang dimiliki oleh Pantai Gemah mengakibatkan wisatawan dapat dengan mudah menjangkaunya.

Apalagi proyek Jalur Lintas Selatan yang melalui wilayah Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek mulai terhubung.

Ketua Pokdarwis Pantai Gemah Imam Rojikin mengatakan Terhubungnya JLS ini secara tidak langsung membawa dampak positif dan negatif bagi keberlangsungan kegiatan pariwisata di Pantai Gemah.

Menurut dia Dampak positifnya adalah ketika Jalur Lintas Selatan antar dua kabupaten ini terhubung maka akses pengunjung menuju pantai ini menjadi lebih mudah, termasuk pengunjung yang berasal dari Kabupaten Trengalek dan sekitarnya akan lebih mudah menjangkau Pantai ini.

Sedangkan dampak negatif yang timbul menurut Rojikin , dari tersambungnya Jalur Lintas Selatan ini adalah timbulnya persaingan terbuka antara Pantai Gemah yang notabene masih baru dengan pantai-pantai lain di wilayah Kabupaten Trenggalek yang telah ada sebelumnya dan tidak kalah populer juga,seperti Pantai Pasir Putih, Pantai Prigi, dan lain-lain.

“Dampak negatif tersebut dapat diminimalkan pengaruhnya apabila Pantai Gemah dapat dikembangkan Pantai Gemah dapat dikembangkan secara tepat oleh seluruh pemangku kepentingan dalam rangka menghadapi persaingan terbuka dengan pantai-pantai lain yang ada di wilayah kabupaten lain yang juga terhubung oleh Jalur Lintas Selatan ini.” Kata Imam Rojikin.

Menurutnya Pengembangan yang tepat akan menjadikan Pantai Gemah sebagai pantai yang memiliki keunikan serta value yang tidak dimiliki pantai lain yang dilewati oleh Jalur Lintas Selatan ini.

Keunikan dan value tersebut diharapkan mampu menjadikan Pantai Gemah memiliki posisi persaingan yang unggul dari pesaingnya.” Imbuhnya.

Pantai Gemah secara operasional di jalankan oleh kelompok sadar wisata yang bernama Pokdarwis Lejar Misuwur Pantai Gemah.

Pokdarwis pertama kali dirintis oleh para pemuda dan karang taruna di desa Keboireng pada tahun 2016 dengan nama Pokdarwis alam asri, kemudian resmi didirikan pada 2017 kemudian berubah menjadi Pokdarwis Lejar misuwur pada tahun 2019 dengan adanya Perjanjian Kerja Sama (PKS) pengelolaan Pantai Gemah dengan beberapa lembaga diantaranya Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Perum Perhutani, LMDH, dan Pemerintah Desa Keboireng.

Seiring dengan perkembangan industri pariwisata serta untuk merespons kondisi eksternal terkini, Pantai Gemah melalui pokdarwisnya perlu melakukan upaya-upaya agar tetap eksis dan bersaing dengan obyek wisata lain.

Maka dari itu, keputusan strategis perlu diambil oleh Pokdarwis Lejar misuwur Pantai Gemah sebagai pedoman dalam mengembangkan wisata Pantai dengan memperhatikan kondisi lingkungan internal dan eksternalnya.

“Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu menjadi permasalahan yang cukup kompleks dan mempengaruhi seluruh sektor, salah satunya pada sektor pariwisata yang

mengalami dampak yang cukup besar.” Pungkas dia.

Penulis : C_sant

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *